Pages

Design Rumah Minimalis Khas Jawa

Minggu, 17 Agustus 2014

Design Rumah Minimalis Khas Jawa

Design sebuah rumah merupakan cerminan identitas kepribadian sang pemilik rumah. Pada beberapa rumah, beberapa orang masih melestarikan rumah yang bergaya jawa. Namun, penampilan rumah bergaya jawa pada hari ini tidaklah sesederhana dan setradisional yang anda kira. Karena telah banyak rumah bergaya jawa yang memiliki kesan modern. Bahkan pemilik rumah minimalis pun juga banyak yang menerapkan gaya rumah jawa modern. 

Dengan gaya jawa modern pada rumah minimalis biasanya anda dapat mengubahnya sesuai trend yang sedang booming. Nuansa jawa pada eksterior rumah minimalis biasanya memiliki atap rumah yang bermodel joglo  atau model limasan. Lalu bagaimana dengan interior rumahnya? Untuk pembahasan interiornya anda dapat menyimak cirri khas interior design rumah minimalis bergaya jawa di bawah ini.

1. Ruangan pendhapa ( dalam bahasa jawa disebut pendopo )
Sebuah ruangan yang luas dan lapang yang biasanya digunakan oleh pemilik rumah sebagai tempat pertemuan atau menjamu tamu. Pada rumah minimalis yang bergaya jawa, ruang ini digunakan pemilik rumah untuk menempatkan perabotan meja dan kursi tamu. Biasanya kursi dan meja terbuat dari kayu yang memiliki ukiran – ukiran unik yang khas akan nuansa jawa. 

2. Ruangan tengah ( disebut juga pringgitan )
Pada jaman dahulu ruang tengah ini biasanya digunakan untuk pertunjukan wayang. Namun pada jaman ini pemilik rumah yang mendesain rumah minimalis bergaya jawa akan memanfaatkan ruang ini sebagai ruang keluarga. Biasanya disinilah dapat ditemukan 4 tiang penyangga rumah yang terbuat dari kayu.

3. Ruangan dalam ( disebut juga ruang dalem )
Ruang dalem merupakan ruang pribadi yang biasanya hanya dinikamti oleh penghuni rumah. Ruangan itu bisa ruang kamar, ruang makan dan sebagainya. 

Dalam penggunaan perabot atau furniture pemilik rumah minimalis bergaya jawa banyak menggunakan bahan – bahan dari katu. Lantai yang digunakan pun biasanya beralas dipan atau bercorak kayu. Dinding pada rumah jawa pun lebih sering tidak dilapisi.  Ciri khas lain adalah ruang dibawah atap yang tidak diberi penutup.

Sekian beberapa ciri tentang interior Design Rumah Minimalis Khas Jawa. Semoga menambah referensi bagi anda dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar